cool hit counter

PDM Kabupaten Pekalongan - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Pekalongan
.: Home > Artikel > PDM

Homepage

Baitul Tamwil Muhammadiyah - BTM Wiradesa, koperasi jasa keuangan syariah terbaik Indonesia

.: Home > Artikel > PDM
30 September 2012 10:48 WIB
Dibaca: 2496
Penulis :

 

Berawal dari keinginan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan untuk memiliki sumber-sumber pendanaan yang bersifat permanen guna membiayai berbagai kegiatan persyarikatan, maka Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiradesa tanggal 18 Oktober 1995 memutuskan untuk mendirikan Baitul Maal  Muhammadiyah Wiradesa, Pekalongan.

Program Kerja BMM Wiradesa yang utama adalah menghimpun berbagai potensi pendanaan dari warga dan simpatisan Muhammadiyah Cabang Wiradesa untuk selanjutnya dana tersebut akan didayagunakan untuk membiayai berbagai aktivitas persyarikatan.

Dalam menjalankan program kerja Pengurus Baitul Maal Tamwil (BMT) Muhammadiyah Cabang Wiradesa kemudian membuat klasifikasi atas sumber-sumber dana yang berhasil dihimpun. Sumber-sumber pendanaan Baitul Maal Muhammadiyah Cabang Wiradesa secara umum dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu :

1) sumber dana yang bersifat tetap seperti zakat maal, infak tetap, sumbangan wajib organisasi dan lain sebagainya.
2) sumber dana yang bersifat insidentil seperti sumbangan-sumbangan, hibah, hadiah dll.

Sedangkan pendayagunaan dana yang berhasil dihimpun diarahkan untuk membiayai berbagai kegiatan persyarikatan dilingkungan Muhammadiyah Cabang Wiradesa yang secara garis besar dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1. untuk memenuhi kebutuhan konsumtif meliputi : Santunan-santunan, Sumbangan-sumbangan, subsidi guru-guru di sekolah Muhammadiyah dll
2. untuk membiayai kepentingan yang bersifat produktif, seperti pemberdayaan golongan ekonomi lemah, beasiswa, dll
3. untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat monumental misalnya perbaikan gedung amal usaha yang rusak, penyediaan sarana pengembangan dakwah dll

dalam perkembangannya, berhubung tingkat persoalan yang harus dihadapi dalam penyaluran dana untuk kepentingan yang bersifat produktif cukup beragam dan memerlukan ketersediaan dana yang bersifat khusus, maka untuk menangani penyaluran dana yang bersifat produktif dibentuk suatu lembaga tersendiri yang memiliki struktur pengelola dan sistem administrasi yang terpisah dari Baitul Maal

Lembaga tersebut adalah Baitut Tamwil Muhammadiyah Wiradesa ( BTM WIRADESA).

Pendirian BTM Wiradesa dilakukan melalui rapat pleno Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wiradesa yang diselenggarakan tanggal 14 Sya’ban 1416 H bertepatan dengan tanggal 5 Januari 1996 M. Berdasarkan SK PCM Wiradesa Nomor : 247/SK.PCM/I.A/1.f/1996. Dan mulai beroperasi pada tanggal 9 Februari 1996.


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website